Kamis, 14 Juli 2011

Bagaimana ikan Bernapas???

Gimana ya ikan bernapas???

Hmmm... Waktu lagi liat2 ikan di aquarium...
Pernah gak kalian berpikir gimana sih cara ikan itu bernapas??? Dia butuh oksigen kan???!!
Kita yang manusia kalo mau menyelam kan butuh tabung oksigen!!! Nah, kalau ikan gimana ya???
Gimana cara ikan ambil oksigen didalam air???

Nah ini dia jawabannya!!!

Bernapas dengan insang. Ada 4 insang pada satu sisi faring dibawah operkulum. Sebuah insang terdiri dari 2 baris filamen insang. Tiap filamen mempunyai banyak papan melintang yang tertutup oleh epitel tipis yang mengandung kapiler-kapiler diantara cabang-cabang arteri aferen dan eferen.

Diwaktu bernafas operkulum tertutup, sedangkan lengkungan-lengkungan insang membengkak ke lateral. Sementara itu, air masuk melalui mulut, dan katup oral tertutup, lengkung insang mengkerut, operkulum terangkat, dan air mengalir keluar melalui filamen. Darah dalam filamen melepaskan CO2 dan mengikat O2 dari air. Ketika bernapas tidak ada air yang masuk ke dalam perut. Hanya ketika makan, ikan memasukkan air bersama makanannya.

Pada ikan osteichthyes umumnya, gelembung udara (gelembung renang) dihubungkan dengan faring oleh duktus pneumatikus. Tetapi pada ikan Perca sp. Tidak ada duktus tersebut. Gelembung itu berisi O2, N2 dan CO2 dan berfungsi sebagai organ hidrostatik, yaitu untuk menyesuaikan berat tubuh ikan dengan kedalamana air. Dengan sekresi atau absorbsi gas-gas tersebut melalui pembuluh-pembuluh darah pada dinding gelembung, ikan dengan mudah naik atau turun dalam air. Dengan sekresi atau absorbsi gas-gas tersebut melalui pembuluh-pembuluh darah pada dinding gelembung, ikan dengan mudah naik atau turun dalam air. Gelembung udara membentuk juga pernapasan dan berguna sebagai organ perasa, jadi seperti paru-paru pada ikan paru.

Okey??? Gimana??? Udah tau kan!!!
Yak, jadi ikan bernapas gak perlu pakek tabung oksigen!!! Tapi ia mempunyai alat tersendiri yang dapat menyaring oksigen yang larut bersama air, dan tentunya ia punya insang, kalau manusia kan paru2!! Ya jelas beda lah...
Untuk bernapas dengan paru2 kita menghirup oksigen tidak di dalam air!!!

Bagaimana dengan paus??? Dia kan Mamalia yang hidup di air!!! Punya paru2!!
Makanya paus, sewaktu2 mengangkat tubuhnya naik ke atas permukaan air untuk menghirup oksigen di udara, dan kemudian ia akan menyimpan oksigen tersebut!!!

Yak, cukup sekian dulu deh penjelasannya!!!
Tunggu ya postingan selanjutnya^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar