Rabu, 27 Juli 2011

Kawan Lama Kawan Baru


Ada seorang teman yang bertanya kepadaku, Kenapa temen itu ada kalo lagi butuh aja??? Kalo kebutuhannya udah terpenuhi, kita akan dibuang kayak permen karet??!!

Yaaaa.... begitulah manusia!!!
Tapi xo ada diantara temen2 yang merasa setuju dengan pernyataan diatas, nie fina kasih solusi buat yang pengen tahu!!! Tapi ini menurut versinya Fina ya....

Ini dia Sugesti ala Dokter Fina.... yeeee \(^.^)/ (hahaha, lebay_dotcom)
Pada intinya setiap manusia itu membutuhkan manusia yang lain, seorang mahluk hidup tidak akan bisa hidup dan bertahan di dunia ini dengan kekuatannya sendiri!!! Betuuull???

Pada awalnya prinsip berteman itu adalah untuk mencapai tujuan bersama!! Misal tujuan seneng2 bareng, senasib sepenanggungan, pekerjaan, dan sebagainya. Tapi, sekarang prinsip teman itu sudah lebih dalam lagi maknanya!!! Setiap orang membutuhkan teman, teman untuk berbagi baik suka maupun duka, yang bisa mengerti kita, yang bisa menerima kekurangan kita, yang bisa membuat kita merasa nyaman, dan sebagainya....

Tapi, ingat!!! Setiap manusia memiliki sifat dan karakter yang berbeda2x, Karena berbeda-bedalah dunia ini menjadi lebih bervariasi dan menyenangkan, kalau semuanya sama, pastilah sangat membosankan!!!

Manusia hidup pasti memiliki target dan tujuan!! dan ia akan mewujudkan keinginannya itu cepat atau lambat dengan bantuan orang2x disekitarnya!!!

Sekarang fina mau tanya ama kalian semua!!! Kalian punya kawan lama??? Kalo kawan baru??? Yak, pasti semua orang pernah mempunyai kawan lama dan kawan baru, maksudnya disini adalah kawan yang berada disekitar lingkungan tempat yang kita naungi!!!

Misal, kalian pasti mempunyai kawan di SD, SMP, SMA, Kuliah atau bahkan teman rekan kerja dan tetangga rumah!!! Kalian pasti mempunyai teman atau sahabat dalam tiap jenjang pendidikan dan lingkungan tersebut!! Tidak jarang kawan kalian berganti (maksud kalian bertemu dengan kawan baru)

Teman sewaktu SD dan Kuliah pasti berbeda!!! jangankan itu, teman SMA dan Kuliah aja bisa jadi berbeda!! karena itu ada istilah kawan lama dan kawan baru!!! Waktu SMA dulu kita punya teman yang sangat akrab sehingga sulit untuk dipisahkan!! Tapi ketika kuliah! Tiap orang mempunyai cita2 masing2, dan mereka pun memilih jalannya masing2x sesuai dengan tujuan hidup mereka!! Maka kawan SMA kita akan menjadi kawan lama dan kawan kuliah akan mejadi kawan baru!!! Kenapa hal itu bisa terjadi??? Itu adalah suatu kejadian yang umum, kita tidak bisa selamanya bersama dengan orang yang tidak sejalan dengan tujuan cita2x kita!!! Tapi kita tetap menjaga hubungan baik dengan teman2x lama kita!!

Terkadang karena sangking akrabnya dengan teman kita, sewaktu berpisah dan teman kita itu mempunyai teman baru, tentu kita akan CEMBURU dan IRI melihat keakraban mereka?!!! Kita yang dulunya akrab menjadi terabaikan!! Kita merasa tidak dibutuhkan dan tidak lagi diharapkan kehadirannya!! Teman kita lebih memilih menghabiskan waktu dengan teman baru mereka!!! Dan setiap mengingat itu, Kita merasa sakit hati dan merasa seperti hewan peliharaan yang dibuang oleh majikannya sendiri!!!
Kenapa kita bisa merasakan hal yang demikian??? Itu terjadi karena kita merasa Kehilangan yang mendalam!!! Kita Cemburu dan iri hati!!! dan Rasa sayang yang berlebihan itu, membuat kita berpikiran keruh tentang teman kita sendiri!!
Walaupun kita tidak dekat lagi dengan teman kita yang dulu, kita tetap harus menjaga hubungan baik persahabatan!!! Dan kita harus mengembangkan sikap saling pengertian dan menyayangi sehingga tidak ada yang tersakiti!!!
Kita harus tetap menjaga hubungan komunikasi yang baik dengan teman kita tersebut, buatlah teman kita merasa nyaman dengan kehadiran kita!!!

Nah, bagaimana dengan teman yang memanfaatkan diri kita??? Dia butuh kita kalo ada perlu aja!!!
Untuk orang dengan tipe seperti ini, kita bisa memperlakukan dia dengan hubungan Simbiosis Mutualisme!!! Saling menguntungkan!! Jika dia mengingingkan sesuatu hal dari kita, kita pun juga meminta sesuatu hal pada dia yang kita ingikan, sehingga nantinya tidak menimbulkan rasa dendam dihati, ketika kita tidak bersamanya lagi!!!

Namun sekarang timbul pertanyaan!! Bagaimana kita bisa membedakan kalau teman kita itu tulus dan enggak memanfaatkan kita???
Kita bisa melihat hal itu, dari sikapnya, apakah ia bersama kita dalam keadaan duka atau keadaan tidak menyenangkan??? Kalau ia hanya ada disaat suka, bisa jadi dia tidak tulus dengan hubungan pertemanan itu dan hanya ingin memanfaatkan kita saja!!!
Atau apakah ia tidak mendukung kemajuan kita, dan senang melihat kita jatuh?? Itu sudah jelas tampak kan!!! Tentunya semua hal itu bisa kita ukur dari sikapnya kepada kita... Dan jika kita sudah menemukan tanda2x kalo dia tidak tulus, kita jangan langsung menjauhinya, tapi lakukanlah hubungan simbiosis mutualisme!! Kan, gak rugi juga!!! :D

Yak, saya rasa udah cukup dulu deh, besok2x saya lanjutin lagi dengan postingan yang lain lagi, kalau ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau dicari solusinya, silakan di comment aja ya ^^ Okey, see you \(>,<)/

2 komentar:

  1. waah,, postingannya bagus. trims, Mbak. boleh ya jadi temen ngeblog? :)

    BalasHapus
  2. Wahhh... terimakasih Kurnia, salam kenal ya \(^_^)/
    tentuuuu booooolehhh banget...
    makasih ya uda comment... hehehe,,,,

    BalasHapus